Tuesday, February 21, 2017

Cara mengatasi memori internal android yang penuh 2017

Para pengguna Android tentunya sudah sering mengalami masalah dengan storage atau kapasitas penyimpanan, terlebih untuk pengguna yang perangkatnya memiliki kapasitas storage internal kecil, yang apabila di paksakan menyimpan file banyak takutnya akan mengganggu kinerja smartphone tersebut.

Nah, untuk itu, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips agar storage internal pada smartphone anda bisa lega lagi. Sehingga kinerja smartphone akan lebih maksimal. Bagaimana caranya?

Cara Backup File Ke Kartu Memori atau SD Card Anda

Sebelum anda mulai melakukan langkah-langkah untuk melegakan storage Android anda, ada baiknya jika anda mem-backup terlebih dahulu file-file penting yang ada di memori internal ke memori eksternal atau SD Card. Berikut adalah langkah-langkahnya:


Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh


  • Buka File Manager di perangkat anda
  • Pilih Internal Storage
  • Pindahkan file-file penting anda ke external storage atau kartu memori atau SD Card

Cara Ampuh Melegakan Internal Storage Android yang Sudah Penuh

1. Menghapus File Di Folder .thumbnails
Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah menghapus semua file yang ada di dalam folder .thumbnails. Folder ini adalah tempat penyimpanan sebagai backup atau cache dari foto yang kita ambil dengan kamera maupun dari gambar-gambar yang kita buka. Tujuannya adalah agar mempersingkat waktu jika anda ingin membuka file foto maupun gambar yang sama, maka proses loadingnya tidak akan terlalu lama.

2.Menghapus File Cache Dari Aplikasi
 Cache adalah file sementara namun terkadang menghabiskan banyak ruang penyimpanan di memori internal perangkat anda, yang akhirnya mengakibatkan penuhnya memori anda. Untuk menghapus file cache ada dua cara, yang pertama adalah menghapus satu persatu dari setiap aplikasi yang anda miliki atau cara yang lebih simple yaitu dengan menggunakan aplikasi bantuan lain.

Dengan aplikasi bantuan anda dapat menghapus cache dari seluruh aplikasi yang ada dalam perangkat anda dengan satu langkah mudah, tanpa harus repot-repot membuka aplikasi satu persatu. Salah satu aplikasi pembersih cache yang banyak digunakan adalah App Cache Cleaner yang dapat ditemukan di Google Playstore.

3.Memindahkan Aplikasi Ke Penyimpanan Eksternal
Cara ampuh melegakan storage Android yang sudah penuh selanjutnya adalah dengan memindahkan Aplikasi ke ruang penyimpanan eksternal atau SD Card dapat melegakan ruang penyimpanan internal anda dan menjadi solusi storage Android yang penuh karena aplikasi-aplikasi tadi akan dipindahkan ke SD Card sehingga mengosongkan memori internal anda.

4.Mengubah SD Card Menjadi Media
Cara ini termasuk cara yang ampuh untuk melegakan storage Android anda yang penuh, namun perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan ini maka perangkat anda harus di root terlebih dahulu. Jadi jika anda memiliki perangkat yang masih memiliki garansi, sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk melakukan cara ini karena perangkat yang telah di root mengakibatkan hangusnya garansi pada perangkat anda. Manfaat dari repartisi ini adalah anda bisa menentukan sebesar apa ruang SD Card tersebut yang akan anda pakai untuk menjadi media penyimpanan pendukung memori internal agar aplikasi yang dapat kita install menjadi lebih banyak.

5.Menggunakan Link2SD
Dengan aplikasi ini maka anda dapat menyimpan aplikasi yang terinstall di memori internal namun data-data dari aplikasi tersebut akan tersimpan di partisi SD Card. Dengan begitu maka memori internal akan memiliki ruang lebih lega dan anda dapat menginstall aplikasi lebih banyak lagi. Agar lebih optimal di sarankan untuk melakukan reboot pada Android sebelum menggunakan perangkat anda kembali.

Karena terkadang ada aplikasi yang forced close, namun setelah melakukan reboot aplikasi akan berjalan normal kembali.
Dengan cara di atas anda tak takut storage internal pada android akan penuh dan membuat perangkat jadi lemot.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh , semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment